Gejala Umum Penyakit Katarak pada Mata

Kamis, 02 November 2017 - 17:31 WIB
Gejala Umum Penyakit Katarak pada Mata
Gejala Umum Penyakit Katarak pada Mata
A A A
JAKARTA - Katarak merupakan kondisi di mana keruhnya lensa mata yang bisa mengaburkan penglihatan. Meski tidak menimbulkan rasa sakit, namun penyakit ini bisa menyerang segala usia baik bayi hingga usia tua. Katarak juga masih menjadi penyebab utama kebutaan di dunia.

Namun penyakit ini umumnya ditemukan pada orang lanjut usia dan dikenal sebagai katarak manula. Biasanya katarak menyerang kedua mata dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan Anda segera memeriksakan kondisi mata jika menemui gejala dibawah ini. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Health Line.

1. Penglihatan samar
Gejala awal katarak adalah penglihatan mata yang samar seperti berkabut. Kondisi ini disebabkan oleh gumpalan protein mata yang mengganggu proses penangkapan bayangan oleh retina mata.

2. Sensitif pada cahaya
Penderita katarak akan lebih sensitif pada cahaya. Biasanya mata akan terasa sakit saat terpapar cahaya yang sangat terang sehingga penderita katarak kerap mengeluh sakit di sekitaran mata.

3. Cepat berganti kaca mata atau lensa kontak
Waspada jika Anda cepat berganti kaca mata atau lensa kontak. Pasalnya terlalu sering atau cepat mengganti kaca mata bisa menjadi tanda adanya katarak.

4. Warna lensa mata berubah
Penderita katarak akan mengalami lensa mata yang berubah menjadi kekuningan atau kecokelatan. Perubahan ini berpengaruh pada warna yang dilihat atau menurunkan kemampuan membedakan warna yang ada.

5. Penglihatan ganda

Gejala umum lainnya yang dialami penderita katarak adalah diplopia atau melihat objek menjadi dua. Kondisi ini juga dialami oleh penderita diabetes atau hipertensi yang tak terkontrol serta adanya cedera otak.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5584 seconds (0.1#10.140)